Buat yg penasaran dengan SmartFren Xstre@m, ini reviewnya,,,
Tapi mohon sabar yach gan,,, reviewnya ane kerjain satu2 karena ane ngetest-nya sambil kerja sich,,, :-D


Setelah lama menanti, akhirnya hari Minggu, 11 December 2011 ane berangkat ke ITC Depok utk beli HP Smartfren Xstre@m seharga Rp. 299rb.
Saat ane masuk ke Galery Smart di samping ITC Depok, ternyata stok SmartFren Xstre@m-nya kosong :-( Tp kekecewaan ane hilang saat di beritahu bahwa stoknya ada di gerai pameran di pintu masuk ITC Depok, so,,, langsung menuju ke TKP...
Akhirnya, SmartFren Xstre@m yang dah lama ane incar pun ane bisa bawa pulang...





  • Handphone beserta Battery-nya
  • Perdana SmartFren isi pulsa 5rb
  • Charger + Kabelnya yg jg bisa di jadiin kabel data
  • Handsfree
  • Konektor handsfree
  • Manual book
Spek PC yg ane pake buat nge-tes-nya adalah Intel dual core dengan RAM 3GB, spek lain dr PC ane kayaknya ga penting yach :-D
Sedangkan utk yg GSM Mentari ga pake paket internet...
Sebagai bahan perbandingan, maka HP SmartFren Xstre@m tersebut ane bandingkan dengan :

  • Sony Ericsson J108i Cedar pake kartu GSM Mentari, kamera 2 MP, HSDPA dan walaupun selisih harganya 2x lipat tetapi menurut ane spesifikasinya gak terlalu beda jauh.
  • Modem MV140B yg sama2 EVDO Rev. A up to 3.1 MBps untuk kecepatan internet lewat PC.
  • HP Haier D1200P kecepatan maksimal 153 kbps.
  • Modem Smart Connex AC682 blum sempat ane sertakan untuk ikutan test ini, karena lagi di pinjam tmen... :-D
Supaya adil, karena cuma utk nge-test aja jadi ane pilih paket internet Smart yg Paket Volume Based untuk Prabayar dan cara berlangganan: Download s/d 3.1 Mbps dan Upload s/d 1.8 Mbps



HASIL TEST KONEKSI INTERNET
Ga pake banyak bicara, gambar berikut yang akan menjelaskannya (Test dilakukan jam 12:00 WIB di daerah Depok II tengah) :

Internet SmartFren Xstre@m 
Internet Modem MV140B
Internet Telkom Speedy
Internet D1200P (Lemot banget...)
Mohon maaf, Internet SonyEricsson blum gw test :-D :-D :-D


HASIL FOTO2 UNTUK PERBANDINGAN KAMERA
Hasil foto dari HP SmartFren Xstre@m VS Sony Ericsson J108i Cedar  - Indoor at 19:00 PM






Hasil foto dari HP SmartFren Xstre@m VS Sony Ericsson J108i Cedar  - Outdoor at 19:00 PM








Karena lg males ngetik, review ini ane copas dr blog orang lain di http://adamrinaldi23.wordpress.com/2011/11/26/review-hape-smartfren-xstream-e781a/
Tapi selanjutnya ane bikin review lebih lengkap di bawahnya...
Cekidot gan,,,


PENTING: Review ini dibuat berdasarkan opini pribadi dan pengalaman setelah mencoba menggunakan sendiri. Tidak ada unsur promosi (karena emang ngga dibayar) Segala poin yang tertulis di sini murni dari apa yang dirasain. Jadi kalo ada yang ngga setuju, silakan, karena ini semua cuma masalah selera. Hasil saya belom tentu sama dengan hasil anda.


Anjirrr postingan gue udah panjang-panjang malah keapus! Yaudah, deh langsung aja gue mau review Hape Smartfren XStream yang baru gue beli tadi malem.
1. Kelengkapan
Boxnya lebih sedap dipandang mata dibandingin Hape Enduro yang ngejreng banget bin norak itu. Dalam paket pembeliannya terdapat handset, charger, kabel data mini USB, headset, adapter jack 3,5 mm ( sangat bermanfaat kalo misal headsetnya ilang atau rusak) manual user, buku panduan instalasi modem, panduan aplikasi yang tertanam di hape (Youtube, Facebook, Twitter, Nimbuzz) kartu garansi, dan starterpack Smartfren dengan bonus 12 GB internetan selama 12 bulan. Syaratnya tiap bulan isi 50 ribu, dapet internetan gratis sebulan sebesar 1 GB dengan kecepatan maksimum 3,1 Mbps. 
2. Desain
Bodinya bongsor gara-gara mengusung layar QVGA 2,4 inch. Kesan pertama, sekilas ni hape diliat mirip Haier C700 yang diusung Smart beberapa taun lalu. Sekelilingnya dilapisin lis silver. Terlihat kaku dan kuno, ngga stylish. Keypadnya empuk, tapi kecil. Agak licin karena berbahan dasar glossy. Tombol di sekeliling navigasinya pun sering membuat gue salah pencet. Kebanyakan tombol dengan jarak yang terlalu rapat. Jujur aja gue ga terlalu nyaman mencet-mencet nih hape. Entah karena desainnya atau karena jempol gue kegedean. Cuma ada 1 port di samping kiri buat charge, kabel data dan headset. Jadi rada repot kalo mau multitasking. Slot microSD ada di samping kanan. Nilai minus satu lagi adalah penutup belakang yang sangat tidak user friendly. Dengan bahan dasar doff kesat, entah kenapa didesain bukan dengan konsep geser, melainkan kudu dicongkel pake kuku. Agak menyakitkan jari dan tentunya merepotkan orang yang suka gonta ganti sim card, ya walaupun ini sudah di lock oleh Smartfren sih. Untuk gambar bisa dibuka di web Smartfren 
3. Interface dan profil
Tampilan antarmuka yang lumayan menarik, ngga kayak ponsel China kebanyakan. Yang aneh, nih hape gue cari-cari merknya ngga ketemu. Cuman dinamain Smartfren E781A. Biasanya ada nama vendor ponselnya kayak Haier, Huawei, ZTE, tapi ini kaga. Denger-denger sih ini hape besutan Alcatel (Prancis punya) tapi gue liat di balik batrenya tuh malah ga ada merk apa-apa dan cuma ada tulisan Made in China. Menunya berformat 3 x 5, icon-icon yang ditampilin ngga norak (setidaknya menurut gue) Gede banget layarnya, terang serta tajem juga, padahal cuman 65,000 warna. Brightness bisa diatur dengan 3 settingan berbeda. Gue pasang di dark aja udah cukup terang. Ngga bisa ganti themes, cuma bisa ganti wallpaper. Disediain beberapa ringtones dan wallpapers sama Smartfrennya, tapi kita bisa juga nambahin ringtone dan wallpaper sendiri.
4. Aplikasi
Aplikasi yang diandalkan ni hape adalah social networking dan streaming. Ada Youtube dan TV & Radio streaming. Youtube-nya lumayan lah. Emang ga buffering karena versi mobile. Pas gue setting video dalam tampilan normal, lancar. Tapi begitu high quality ngelag. Suaranya sih jalan terus, tapi gambarnya lambat dan patah. Hahaha.. buat ukuran hape seharga 299ribu, gue emang ngga ngarep lebih. Tapi patut diapresiasi usaha dia buat nyediain Youtube ini. Kalo TV dan radionya entah kenapa gue ga berhasil strimingin. Ga tau jaringannya jelek atau guenya yang gaptek. Beralih ke social networking, aplikasi yang disediain cukup lengkap. Ada Facebook, Twitter, Kaskus, sama Nimbuzz buat chatting. Semuanya berjalan lancar. Ada juga aplikasi Smartfrenku yang gue ga tau buat apaan. Untuk browser, Smartfren nyediain browser bawaan dan Opera Mini versi 6.
5. Multimedia
Buat urusan multimedia juga cukup lengkap. Tapi seadanya banget. Ada kamera 2 MP yang ternyata hasilnya ga jauh beda sama kamera VGA Nokia 3660 jadul gue. Jelek. Image viewer yang ngga terlalu responsif, music player yang seadanya juga. Keluaran suaranya kecil, ga ada equalizernya. Mau diganti headsetnya pun ngga ngaruh. Buat storagenya bisa pake microSD tambahan yang dibeli terpisah. Buat sekedar iseng, disediain juga 3 games sama mereka.
6. Konektivitas
Kabel data dan bluetooth menjadi andalan konektivitas. Bluetoothnya sudah mendukung A2DP. Kemampuan hape ini yang sudah mendukung EVDO tentu membuat orang-orang pada pengen beli nih hape. Pas gue coba instal sebagai modem juga gampang banget, tinggal plug n play. Ga perlu pake CD driver segala.
Lumayan buat di kamar kos gue sih. Terpencil, susah sinyal, tapi bisa dapet segitu. Pas dicoba download file kecil, rata-rata sih 50an kbps. Tapi sempet juga 100-200an kbps pas download file yang gede. Jadi kekuatiran gue kalo nih hape ngga setangguh modemnya ga terbukti. Dulu waktu gue pake 2 modem sebelomnya jarang banget nembus diatas 20 kbps. Pernah pake XL 50an kbps, tapi tempatnya di rumah temen gue. Jadi sekali lagi, sebagai sebuah modem, hape ini cukup bisa gue andalkan.
7. Memori dan batre
Hape ini sanggup nampung 1000 entri kontak yang bisa diselipin poto tiap kontaknya. Untuk memori perpesanan, XStream sanggup nampung 600 inbox, 300 outbox dan sent items, dan 100 drafts. Batre yang disematkannya berjenis Li-ion 950 mAh, yang mana menurut gue sih cukup kecil buat ukuran hape yang kaya fitur dan berlayar lebar seperti ini. Diklaim sama produsennya bisa tahan 4 jam waktu bicara dan 200 jam standby, tapi semua tergantung lokasi dan pemakaian juga. Gue belom pernah ngukur dipake seharian selain jadi modem sih, tapi ya sebenernya gue ngarepnya ni batre bisa berkapasitas lebih gede lagi dan bisa nyimpen SMS di kartu memori.


Kesimpulan:
Dengan banderol 299ribu (sudah termasuk pajak) buat gue hape ini cukup layak beli, terutama buat yang pengen punya hape multifungsi. Gue rada kaget juga dengan fitur selengkap ini Smartfren berani ngasih harga segitu (denger-denger mereka mensubsidi setengah harganya) Tapi begitu dicoba pake dan ditemukan kekurangan di sana-sini, kayanya harga segitu cukup wajar. Ya semuanya balik lagi ke kebutuhan dan selera masing-masing. Kalo emang cuman butuh modem cepet, mending beli modemnya aja. Lebih fleksibel dibawa ke mana-mana dan memang spesialisnya untuk internetan. Kalo butuh hape multifungsi, ni hape layak beli. Jarang-jarang ada hape EVDO dengan harga segini dan kalo mau daftar paket internetan bisa lebih gampang melalui hape (kata temen gue)


Kelebihan : Kaya fitur, harga murah, koneksi cepat EVDO, multifungsi.
Kekurangan : Penutup baterai yang susah dibuka, keypad mengganggu, model kurang menarik, multimedia seadanya.
Tambahan dari bro Zacky: ngga bisa ganti ringtone yg ukurannya lebih dari 50kb, chargernya usb female,jadi bs dipake recharge device yg pake usb port dan satu yang terlupakan, gratis telepon sesama smartfren!





Sabar yach gan,,, Reviewnya blum selesai,,, nanti ane lanjut lagi...






4 komentar:

  1. tengkiu gan reviunya, kebetulan enyong lg cari hp yang bagus buat modem. Setelah coba macem2 operator trus terakhir pinjem modem smartfren punya temen, ternyata smartfren paling bagus d kampunge enyong, padahal kampunge enyong d gunung.

    BalasHapus
  2. mantap gan,,, btw pemakai FM yah

    BalasHapus
  3. Wow reviewnya oke punya dan rada kocak ,mau beli ah .

    BalasHapus
  4. Thanks Utk Comment-nya,,,
    Koq tau sich ane pake FM,,, "pemain" jg yach??

    BalasHapus

Delivery Info

Order Info