/* * Your warranty is now void. * 
* I am not responsible for bricked devices, dead SD cards, 
* thermonuclear war, or you getting fired because the alarm app failed. Please * do some research if you have any concerns about features included in this ROM 
* before flashing it! YOU are choosing to make these modifications, and if 
* you point the finger at me for messing up your device, I will laugh at you. 
*/ 


Jangan takut sama peringatan di atas,,, 

Intinya cuma klo udah ganti ROM & Kernel biasanya sich garansi gak berlaku lg,,, 
Whatever,,, Punya Android klo gak di oprek itu gak Seru,,, :-D :-D 

CARA UNLOCK BOOTLOADER 
Apa itu Bootloader? 
Bootloader berguna untuk melakukan proses boot sistem operasi (Android) dalam handheld kita. 
Biasanya, bootloader hp kita di lock (kunci) oleh Sony Ericsson selama proses produksi. 
Hampir semua custom ROM yang kita instal memiliki KERNEL sendiri yang bertanggung jawab untuk overclock, dan lain-lain. 
Nah, untuk instal custom rom yang memiliki custom KERNEL, maka kita harus Unlock Bootloader. 
INTINYA,,, KALO MO GANTI KERNEL DENGAN CUSTOM KERNEL SILAHKAN DI UNLOCK BOOTLOADER TERLEBIH DAHULU. 

Oke, sekarang saya akan share cara unlock bootloader terlebih dahulu di Xperia Mini Active. Ini adalah hal wajib yang harus dilakukan sebelum ngoprek Xperia Active lebih lanjut, karena sejatinya bootloader Xperia Active itu terkunci. 
Yang harus dipersiapkan adalah : 
  • Xperia Active (udah pasti ) dengan kabel USB 
  • Download software Fastboot yg ane backup dan berikut drivernya 
  • Komputer dengan OS Windows 
  • Jangan lupa baca do'a & sering2 cari Referensi di Internet 

 Oke, klo sudah siap, Sekarang kita masuk ke tahap-tahap nya : 
  • Buka http://unlockbootloader.sonyericsson.com/instructions, klik Continue di bawah. 
  • Isi datanya dengan lengkap (nomor imei dapat dicek dengan dial *#06#, hilangkan angka terakhir). Catat kodenya. 
  • Ekstrak file drivers.rar. 
  • Ekstrak file fastboot_with_Android_USB_file.rar. 
  • Buka Command Prompt (MS-Dos), arahkan ke folder fastboot. 
  • Matikan setelah beberapa detik power HH mati, tahan tombol volume up, sambil memasukkan kabel USB. Pastikan LED berwarna biru, kemudian lepas tombol volume up. 
  • Ada windows yang meminta driver. Pilih menu kedua. Arahkan ke folder drivers\x86/x64(tergantung komputer)\usbwin. 
  • Buka window Command Prompt, ketik “fastboot.exe -i 0x0fce oem unlock 0xkode” (ubah ‘kode’ dengan kode yang di dapat dari website sony)
  • Berhasil,,, Xperia Active Anda sekarang telah di unlock bootloader 

Lebih Jelasnya seperti ini... 

  • Masuk ke menu telepon, kemudian tuliskan *#*#7378423#*#* dan tunggu beberapa saat. 
  • Akan muncul menu konfigurasi dan juga tes layanan ponsel. 
  • Pada menu-menu tersebut akan terdapat menu Service info. Silakan anda pilih service info, kemudian Configuration & Rooting status. Akan terdapat tulisan Bootloader unlocked allow: Yes


  • Jika Bootloader unlock allowed: Yes, maka ponsel anda bisa di unlock bootloader. Namun jika tulisannya adalah no, maka ponsel anda tidak bisa di unlock bootloader atau belum resmi diijinkan pihak Sony.
  • Jika ponsel anda bisa di unlock bootloader, maka hal-hal yang harus dipersiapkan sebelum melakukan unlock bootloader adalah sebagai berikut:

Hal-hal yang harus disiapkan sebelum unlock bootloader:
  1. Ponsel Xperia.
  2. PC / Laptop.
  3. Kabel USB.
  4. Software fastboot. Anda bisa download di internet atau dari website resmi SonyMobile.

Jika beberapa alat tersebut sudah tersedia, silakan anda ikuti tutorial berikut ini untuk unlock bootloader ponsel xperia anda.

1. ISI DATA DI WEB SONY

  • Buka website resmi milik Sony untuk register nomor IMEI ponsel anda. Anda bisa menuju link berikut ini: http://unlockbootloader.sonymobile.com/
  • Kemudian scroll pada bagian yang paling bawah. Klik pada Start unlocking the boot loader.
  • Kita akan dibawa pada halaman selanjutnya. Disana terdapat beberapa instruksi. Anda bisa mengabaikannya karena anda sudah melakukannya tadi.
  • Scroll sampai ke halaman yang paling bawah, kemudian klik Continue.
  • Kemudian terdapat perintah untuk menyetujui TOS. Silakan centang kedua ceklist, kemudian klik I accept.
  • Akan ada peringatan dari Sony. Silakan anda klik Yes, I’m sure.
  • Silakan isikan nama anda.
  • Untuk nomor IMEI, silakan anda isikan 14 digit IMEI ponsel anda. Untuk mengeceknya silakan tekan *#06#
  • Isikan juga alamat e-mail anda, kemudian klik Submit.
  • Silakan cek email anda karena Sony akan mengirimkan kode untuk unlock boot loader ponsel anda. Catat kode tersebut di kertas atau dalam notepad dan simpan kodenya.
  • PENTING!!! Sebelum melakukan unlock bootloader, silakan anda backup data yang ada di ponsel ke memori eksternal karena pada saat unlock bootloader, maka ponsel anda akan di reset datanya seperti kontak, dan lainnya.


2. PROSES UNLOCK BOOTLOADER DENGAN FASTBOOT

  • Silakan matikan ponsel anda, setelah kira-kira 5 detik, kemudian masuklah kedalam menu bootloader atau fastboot mode. Caranya adalah tekan terus tombol volume up sambil mencolokkan ponsel ke PC sampai dengan lampu led pada HH nyala berwarna biru.
  • Pada computer, silakan anda buka folder software fastboot anda. Kemudian, silakan anda arahkan kursor pada ruang kosong yang ada di dalam folder fastboot. Tekan Shift sambil menekan klik kanan pada mouse. Pilih open command window here. Untuk lebih jelasnya silakan lihat pada gambar.


  • Pada jendela Command prompt (MS-DOS), silakan anda cek apakah ponsel xperia anda sudah terdeteksi oleh computer dengan mengetikkan perintah berikut ini: fastboot.exe -i 0x0fce getvar version
  • Jika sudah berhasil terdeteksi dengan baik, maka sekarang saatnya untuk unlock bootloader ponsel. Silakan anda ketikkan perintah berikut ini di Command Prompt: fastboot.exe -i 0x0fce oem unlock 0xKEY
  • Catatan: Pada tulisan KEY, silakan anda ganti dengan kode dari Sony yang sebelumnya sudah anda tuliskan pada notepad.
  • Silakan tunggu beberapa saat. Jika terdapat pesan OKAY, maka itu tandanya ponsel xperia anda sudah berhasil di unlock boot loadernya.
  • Silakan anda cabut kabel USB ponsel dari computer, kemudian nyalakan ponsel xperia anda. Kini xperia anda sudah di unlock bootloadernya.
  • Nah, demikianlah cara untuk unlock bootloader pada ponsel xperia. Jika anda sudah melakukan unlock bootloader, maka sekarang ponsel anda akan meningkat performanya karena bootloadernya sudah bisa anda ubah-ubah dan anda bisa mengganti apa yang ada di OS android.
=== Cara diatas sudah cukup untuk GANTI KERNEL, JADI KALO MO GANTI KERNEL PAKE CUSTOM, GAK PERLU DI ROOT LG, karena biasanya Custom Kernel itu sudah di root,,,

DI ROOT CUMA KLO PAKE FIRMWARE BAWAAN SONY AJA ===



ROOT ANDROID
APA ITU ROOT ANDROID?
Fungsi root Android adalah untuk memberi hak penuh kepada pengguna Android untuk dapat masuk ke sistem Android. Dengan melakukan Root, pengguna dapat menambah, mengurangi maupun memodifikasi file-file atau data-data yang terletak pada sistem Android yang bila dalam keadaan standar (belum root) file-file tersebut tidak dapat di akses. Bila dianalogikan sistem operasi komputer Windows, fungsi root Android adalah memberikan hak administrator kepada pengguna.
Dengan melakukan root Android tidak serta merta akan menaikkan performa atau kemampuan ponsel Android. Rooting Android sama seperti “membuka pintu” bagi Anda untuk mengembangkan sistem operasi ini.

Kenapa pengembang sistem operasi Android tidak memberikan akses root sejak awal?
Hal ini bertujuan untuk melindungi sistem operasi Android secara keseluruhan. Jika pengguna secara tidak sengaja maupun sengaja mengubah atau menghilangkan satu atau beberapa file sistem, maka dapat menyebabkan kinerja handphone atau tablet menjadi tidak stabil, rusak dan yang paling parah brick atau handphone tidak dapat menyala, oleh karena itu pengembang Android membatasi akses ke file sistem.

Kelebihan Dan Kekurangan Root Android
Kekurangan Root Android #1: Dapat menghilangkan garansi handphone
Kenapa rooting Android dapat menghilangkan garansi? Root itu diibaratkan seperti “segel garansi”. Analoginya seperti ini, apabila Anda membeli komputer buatan pabrik (bukan komputer rakitan), biasanya akan dilengkapi dengan segel atau stiker garansi. Segel ini biasanya akan rusak bila kita membuka casing computer.

Jika kita ingin meningkatkan kemampuan komputer, misalnya dengan mengganti kartu grafis komputer dengan yang lebih baik, otomatis kita harus membuka casing komputer dan secara otomatis akan merusak segel garansi. Apakah dengan membongkar casing akan menyebabkan komputer menjadi rusak? Tentu saja tidak.

Namun, jika terjadi kerusakan apakah akan menghanguskan garansi? Sudah jelas, karena pihak service center melihat bahwa segel garansi telah rusak dan memberi vonis bahwa komputer rusak karena dibongkar, padahal kerusakan disebabkan faktor lain.

Sama halnya dengan root Android. Jika HP Anda mengalami kerusakan, misalnya speaker tidak berbunyi dan Anda membawa ke Service Center dengan kondisi ter-root, maka ada kemungkinan klaim garansi akan ditolak dan dikatakan bahwa ponsel rusak akibat proses root, padahal sebenarnya tidak.

Namun sebenarnya Anda tidak perlu terlalu khawatir, berbeda dengan segel garansi, proses root dapat dibalikkan atau ponsel dikembalikan ke kondisi awal. Proses ini dinamakan Unroot. Jika proses unroot dilakukan, maka secara otomatis garansi akan berlaku kembali.

Kerugian Root Android #2: Masalah keamanan
Sebenarnya untuk yang satu ini masih menjadi perdebatan. Dikatakan bahwa dengan melakukan Root, maka aplikasi-aplikasi malware seperti virus atau Trojan dapat dengan mudahnya masuk ke file sistem dan melakukan pengrusakan atau melakukan pencurian data-data pengguna.
Namun demikian, sebenarnya walaupun HP tidak di root, apabila pembuat virus memang “berniat jahat”, maka tanpa root pun, aplikasi virus dapat dengan mudah mengakses sistem file.

Keuntungan Root Android:
Kelebihan #1: Dapat Menginstall Aplikasi yang Membutuhkan Akses Root
Berikut adalah beberapa contoh aplikasi yang membutuhkan akses root yang paling banyak diinstall:
App2Card dan Link2SD: Dengan aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk memindahkan semua aplikasi ke SD Card.
dan ada Beberapa Games yang harus membutuhkan akses untuk root seperti TAP TAP REVENGE 4, dimana Anda bisa dengan mudah kopi2 lagu tanpa harus memebeli nya..!!

Keuntungan Root Android #2: Dapat menginstall custom ROM
Apa itu custom ROM? Custom ROM adalah sistem operasi Android kustom (alternatif) atau bukan buatan vendor ponsel. Custom ROM dikembangkan oleh komunitas penggemar sistem operasi Android. Catatan: dengan melakukan root bukan berarti Anda dapat langsung melakukan instalasi Custom ROM, namun kebanyakan handphone Android membutuhkan akses root bila ingin diinstall custom ROM.

Kelebihan Root Android #3: Dapat melakukan pengaturan untuk memaksimalkan kinerja ponsel.
Salah satu pengaturan yang dapat dilakukan adalah overclock processor. Dengan melakukan overclock, processor dapat “dipaksa” kerja lebih cepat dari kecepatan bawaannya yang secara keseluruhan dapat meningkatkan kinerja ponsel. Namun demikian, overclock dapat memperpendek usia processor, membuat baterai lebih boros dan cepat panas dan juga ada kemungkinan menyebabkan sistem menjadi tidak stabil.

Kelebihan Root Android #4: Dapat Uninstall Aplikasi Bawaan Pabrik
Dengan melakukan root, kita dapat melakukan uninstall aplikasi-aplikasi bawaan pabrik yang tidak berguna dan hanya memenuhi memori telepon. Namun, jika Anda berniat melakukan hal ini sebaiknya berhati-hati, karena jika salah uninstall dapat menyebabkan kinerja handphone menjadi tidak sempurna. Sebaiknya jangan dilakukan bila tidak terlalu diperlukan.

Root Handphone Android – Kesimpulan
Proses Root Android berguna untuk membuka akses ke sistem Android. Keuntungan root Android secara garis besar adalah memiliki kontrol penuh terhadap handphone. Kontrol penuh tersebut bila tidak dilakukan secara hati-hati dapat menyebabkan kerusakan sistem. Jadi, jika Anda masih merasa puas atau cukup dengan kemampuan serta fasilitas handphone Android yang dimiliki, maka proses root sebaiknya tidak usah dilakukan.. And ane juga sebenarnya gak mau di root.., coz ane dah cukup puas.., ane pgn Root hp karena saking mau main TAP TAP REVENGE 4.., biar lagunya tinggal kopas2 ja.. hehe.


CARA ROOT XPERIA ACTIVE
Yang pertama harus agan perhatiin adalah yg mana firmware Android punya agan..
- 4.0.2.A.0.42 atau 4.0.2.A.0.58 
- 4.0.2.A.0.62 atau 4.0.2.A.0.69
- 4.1.B.0.431 atau 4.1.B.0.587   
- Dengan Cara TANPA DOWNGRADE FIRMWARE

Mari gan kita mulai bahas satu per satu...

Rooting your device will void your warranty! You're doing all the following steps on your own risk! 



ROOT FIRMWARE 4.0.2.A.0.42 atau 4.0.2.A.0.58
Menggunakan Flashtool
Ini cara yg paling mudah gan. Pertama agan musti Download dan install dulu Flashtool

Kalo udah langsung launch aja flashtoolnya...

Terus di HH agan buka Settings/Aplications/ centang Unkown sources

Setelah itu masuk ke Settings -> Applications -> Development -> dan aktifkan usb debugging...


Dan yg terakhir masuk ke Settings ->Sony Ericsson ->Connectivity ->USB connection mode ->MSC


Selanjutnya konek HH gan ke PC dan flashtool yg tadi agan install bakal otomatis mengenali HH agan.


Kalo HH agan udah dikenali ama flashtool, kita bisa langsung mulai proses Rootingnya gan.
pertama agan klik dulu gambar gembok yang ada diflashtool.

Abis klik gambar Gembok, flashtool bakal langsung ngeRoot HH agan secara otomatis.
ROOT Menggunakan Toolkit punya DOOMLORD
Metode yg ini juga lumayan enak gan. Pertama agan Download Toolkitnya
dan kalo sempet silahkan pencet tombol Thanksnya gan. :)
Kalo udah Download Toolkitnya, langsung di Unzip aja gan.

Nah, sebelum mulai pake toolkitnya, agan musti ngaktifin USB Debuging, ijinkan Unkown Sources, dan set jadi MSC mode persis kaya metode sebelumnya.

Kalo semuanya udah, klik di Runme.bat dari hasil extract tadi.

Toolkit bakal otomatis buka CMD di windows kita.

Terus pencet enter atau tombol apa aja dan...
Voila... HH agan udah berhasil diroot. gampang kan?! :)

ROOT Firmware Versi 4.0.2.A.0.62 atau 4.0.2.A.0.69
Untuk nge-ROOT dua firmware ini agak lumayan ribet gan, soalnya agan musti downgrade dulu firmwarenya jadi 4.0.2.A.0.42 atau 4.0.2.A.0.58. dulu.

Dengan menggunakan metode ini, semua data yang ada di HH gan bakal hilang semua. Jadi, ada baiknya agan mem-backup dulu kontak, aplikasi, dll.

Pastikan PC Companion tidak sedang berjalan. DAN JANGAN GUNAKAN METODE INI BILA HH AGAN BELUM DI UNLOCK BOOTLOADERNYA, ATAU HH AGAN BAKAL BRICK!!

Pertama agan Download firmwarenya dari http://adf.ly/IIshp atau dari http://adf.ly/IItBn gan. 
Download firmwrenya sesuai dengan jenis HH gan. 
kalo udah di Download, extract zip filenya dan agan bakal dapet file dengan ekstensi ftf.
Sekarang masuk ke folder Flashtool-->firmware dan copy file ftf tadi.

Sekarang, Launch Flashtoolnya dan klik gambar petir yg ada di flashtool.

Lalu di mode selector pilih Flashmode.

 Lalu pilih file ftf yg tadi agan Download sebelumnya.

Ikuti semua instruksinya, matiin HH gan dan colokin lagi sambil tekan & tahan tombol volume bawah hingga lampu LED nyala ijo. Selama proses flashing jangan copot kabel USB HH gan dari PC.

Setelah HH restart maka firmware agan jadi 4.0.2.A.0.42 atau 4.0.2.A.0.58.
Lakukan proses ROOT dengan cara Nomor 1 seperti diatas hingga selesai semua proses dan HH agan berstatus ROOT. 
Dan selanjutnya untuk mengupgrade kembali firmware agan, buka aplikasi update center dan search for update. Lalu agan akan menemukan update via OTA (over the Air) yg bisa di Download pake WiFi.



Setelah reboot, HH agan udah di ROOT dan firmwarenya kembali lagi seperti semula. :)

4.1.B.0.431 atau 4.1.B.587
Untuk nge-ROOT firmware yang ini, lakukan dengan cara yang sama persis dengan metode nomor 2 gan.

Rooting Tanpa Downgrade firmware 
Untuk metode yg satu ini agan cuma butuh custom kernel. Iya, soalnya hampir semua developers yg bikin custom kernel udah sekalian dilenhkapi script yg dinamakan autoroot.sh jadi kita gak usah repot lagi buat downgrade firmwarenya gan. 




File-file & Software penting untuk proses Root :

  • ABD Driver (Cari di Google)
  • Install Software Sony Ericsson Update Service
  • Sony PC Companion
  • Download and install JDK tools form Java site (i think link is useful)

Download SDK android from site (chose install location during installation)

Open SDK manager and download Extras file "google usb drivers"



Now things get quite difficult.

in windows 8 -> "windows key" + c -> SETTINGS -> general -> Advanced rebooter -> troubleshooting -> custom reboot -> when list of option appears after reboot chose "disable driver verification"

now download files usb_driver.zip - 8.68 MB

extract files and copy content of "usb-driver" folder in: "...\android-sdk\extras\google\usb_driver" (three dots is path that can be different from your pc)

power off phone
go to -> control panel -> system -> properties -> change settings -> advanced -> device managment
connect phone to fastboot (volume + while connecting USB You MUST use a USB 2.0 port )
now S1 fast boot device is appear
click fastly on it and update driver
now when phone turn in normal mode unplug phone (keep open update driver windows)
select driver from folder
then select "chose manualy from a list of driver in computer"
browse from disk and select "android_winusb.inf" from "...\android-sdk\extras\google\usb_driver" and select "android bootloader interface
before click next plug again the phone in fastboot mode
click next and your done XD

Disini kami akan memberi tips bagi yang mengalami masalah dalam menginstall ADB driver. Tutorial ini seharusnya bisa digunakan dalam semua hp/tablet android dengan menggunakan windows xp/vista/7.
Solusi pertama dengan menggunakan DejaConnectADB driver
1.Download DejaConnectADB driver 
2. Install sampai selesai
3. Centang USB debugging pada android kamu.
Android 2.x – 3.x devices (Froyo -Gingerbread) ada di Settings >> Applications >> Development >> Enable USB debugging
Android 4.x devices (Ice Cream Sandwich): ada di Settings >> Developer Options >> Enable USB debugging.
4.Colokan android kamu ke komputer dan otomatis akan terinstall sendiri ADB Drivernya
Bila kamu menggunakan windows XP mungkin akan mengalami masalah dalam instalasi lanjutkan saja sampai proses selesai kemudian install adb drivernya nya secara manual dengan memilih program file >> DejaConnect
Solusi kedua dengan menginstall PDAnet
1.donlot dan install PDAnet 
2. akan keluar pilihan brand android device seperti Motorola, HTC, Samsung, LG dan Other. Bila android kamu bukan dari brand yang di maksud silahkan coba pilih Other
3.Centang USB debugging di android kemudian sambungkan ke komputer
4.ikutin aja perintahnya
Solusi ketiga dengan menginstall Moborobo
1.Download dan install Moborobo di PC
2.Pastikan USB Debugging dan Unknown Resource telah di aktifkan.
3.Colokan android kamu ke PC melalui kabel USB
4.Ikuti petunjuknya sampai software ini menginstallkan driver buat android kamu (membutuhkan akses internet)
5.Kalo kamu telah bisa menjalankan software ini seperti backup sms,transfer file ataupun install aplikasi, bearti usb drivernya telah terinstall.
Solusi keempat dengan menginstall SnapPea
1.Download dan install SnaPea di PC
2.Pastikan USB Debugging dan Unknown Resource telah di aktifkan.
3.Colokan android kamu ke PC melalui kabel USB
4.Ikuti petenjuknya dan software ini akan otomatis menginstall driver yang kita butuhkan (membutuhkan akses internet)

5 komentar:

  1. bisa via flashtool kan install kernel nya?

    BalasHapus
  2. new_wifi_modules.zip nya dimana gan?

    BalasHapus
  3. Yup,,, Via Flashtool...
    new_wifi_modules.zip Gak perlu utk CM10

    BalasHapus
  4. Satu tips dari ane om adul, untuk semua proses diatas kalo bisa dilakukan dengan menggunakan laptop dengan kondisi battery terisi penuh (cuma untuk menghindari listrik padam)

    BalasHapus

Delivery Info

Order Info