muslim membacaBerdo’a itu indah, bersyukur juga indah.

Namun berdo’a biasanya sering dilakukan jika kita sedang butuh saja, sedangkan bersyukur?

mungkin kita malah sering lupa bersyukur, terlalu terbawa oleh rasa sedih atau kekurangan padahal disisi lain mungkin banyak sekali nikmat yang kita terima.

Pada saat inilah kita merasa butuh dan berdo’a, lalu bagaimana jika digabung dengan bersyukur?

Lihatlah pembahasannya secara khas oleh sahabat kita yang mungkin memang sudah banyak dari kita yang sering berkunjung ke sana.

Ya, memang tulisan ini juga terinspirasi oleh tulisannya itu. Dan disana Anda akan dipersilahkan tuk mencoba resepnya itu.

Berdo’a dan bersyukur adalah termasuk dari hal yang indah dalam hidup dan jalan untuk meraih bahagia.

..Dan barangsiapa yang bersyukur maka sesungguhnya dia bersyukur untuk (kebaikan) dirinya sendiri dan barangsiapa yang ingkar, maka sesungguhnya Tuhanku Maha Kaya lagi Maha Mulia.” (27.An Naml:40)

7. Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.” (14.Ibrahim)

186. Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.(2.Al-Baqarah)

19. maka dia tersenyum dengan tertawa karena (mendengar) perkataan semut itu. Dan dia berdoa: “Ya Tuhanku berilah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada dua orang ibu bapakku dan untuk mengerjakan amal saleh yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang saleh.” (27. An Naml)

15. Kami perintahkan kepada manusia supaya berbuat baik kepada dua orang ibu bapaknya, ibunya mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Mengandungnya sampai menyapihnya adalah tiga puluh bulan, sehingga apabila dia telah dewasa dan umurnya sampai empat puluh tahun ia berdoa: “Ya Tuhanku, tunjukilah aku untuk mensyukuri nikmat Engkau yang telah Engkau berikan kepadaku dan kepada ibu bapakku dan supaya aku dapat berbuat amal yang saleh yang Engkau ridhai; berilah kebaikan kepadaku dengan (memberi kebaikan) kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertaubat kepada Engkau dan sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri.” (46. Al Ahqaaf)

I

Do’a / Dzikir Syukur dari Nabi -sholallahu ‘alaihi wa sallam-

اَللَّهُمَّ مَا أَصْبَحَ بِيْ مِنْ نِعْمَةٍ أَوْ بِأَحَدٍ مِنْ خَلْقِكَ فَمِنْكَ وَحْدَكَ لاَ شَرِيْكَ لَكَ، فَلَكَ الْحَمْدُ وَلَكَ الشُّكْرُ.

“Ya Allah! Nikmat yang kuterima atau diterima oleh seseorang di antara makhlukMu di pagi ini adalah dariMu. Maha Esa Engkau, tiada sekutu bagi-Mu. BagiMu segala puji dan kepadaMu panjatan syukur (dari seluruh makhluk-Mu).”

“Barangsiapa yang membacanya di pagi hari, maka sungguh telah bersyukur pada hari itu. Barangsiapa yang membaca ini di sore hari, maka sung-guh telah bersyukur pada malam itu.” HR. Abu Dawud 4/318, An-Nasai dalam kitab ‘Amalul Yaumi wal Lailah no. 7, halaman 137, Ibnu Sunni no. 41, halaman 23 Ibnu Hibban (Mawaarid) no. 2361. Abdul Aziz bin Baz menyatakan, bahwa sanad hadits tersebut hasan, lihat Tuhfatul Akhyar, halaman 24.

Jika sore hari membaca:

اَللَّهُمَّ مَا أَمْسَى بِيْ …

-~-

Nah, indah bukan? Tentunya indah jika Anda orang beriman, dan hanya orang berimanlah yang dapat menempuh jalan kebahagiaan dengan sempurna.


Sumber : http://danangwirawan.wordpress.com/2009/11/14/indahnya-berdoa-dan-bersyukur/#more-638


Fun, Humor, Islam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Delivery Info

Order Info